Minggu, 04 Januari 2015

Proses pengambilan keputusan oleh konsumen

Pengambilan keputusan seorang konsumen tergantung beberapa faktor,yaitu personal dan sosialnya. Faktor personal meliputi motivasi, persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap, dan kepribadian seseorang. Kehidupan personal seseorang pada dasarnya di pengaruhi oleh lingkungan sosialnya atau faktor social. Dimana kepribadian yang terbentuk pada diri seseorang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan di sekitarnya.

                Ada tahapan proses pegambilan keputusan, yaitu:

1.       Perumusan masalah
Adanya kesenjangan antara keadaan sekarang dengan keadaan yang diharapkan
2.       Kebutuhan informasi
Informasi tentang barang yang akan di beli membantu dalam pengambian keputusan
3.       Evaluasi alternative
Alternatif membeli atau tidak membeli produk tertentu karena pertimbangan atribut produk
4.       Pengambilan keputusan

5.       Perilaku tindak lanjut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar