Minggu, 04 Januari 2015

Pengaruh kelas sosial

                 Kelas social adalah tingkatan dari struktur kelas masyarakat yang berjenjang dan relative permanen dalam persamaan nilai, minat, dan perilaku. Berbeda tingkat social berbeda pula minat dan perilakunya.
                Ketika berada di kelas social yang tinggi dengan gaya hidup mewah seseorang akan terpengaruh untuk membeli barang yang bernilai tinggi, mewah, dan biasanya mereka membeli bukan atas dasar kebutuhan tapi keinginan untuk menunjukan kepada lingkungannya. Tetapi ketika berada pada kelas social menengah seseorang akan membeli suatu barang sesuai dengan kebutuhanya dan bukan hanya untuk memuaskan keinginan saja. Pada kelas social ini seseorang dapat juga membeli barang mewah dan bernilai tinggi tetapi biasanya bukan untuk menunjukan kepada lingkungan sosialnya melainkan memang karena kebutuhannya. Dan pada kelas social bawah biasanya seseorang akan membeli suatu barang karena mereka benar benar membutuhkan barang tersebut, tidak peduli nilai barang tersebut biarpun memilih barang dengan nilai murah asalkan kebutuhannya dapat terpenuhi karena keterbatasan keuangan.

Kelas atas Kelas bawah
Kebiasaan belanja
  1.  as a plesure
  2. mengunjungi toko yang memiliki image”high-fashion”
  3. Lebih banyak mencari informasi dari media masa
  4. Harga buku indikator kualitas 1.
  5. Menyenangi barang masal dan diskon.
  6.  Memiliki informasi produk yang minim, bertindak berdasar display di toko dan info wiraniaga, suka membeli produk”on sale”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar