Kelas
social adalah tingkatan dari struktur kelas masyarakat yang berjenjang dan
relative permanen dalam persamaan nilai, minat, dan perilaku. Berbeda tingkat
social berbeda pula minat dan perilakunya.
Ketika
berada di kelas social yang tinggi dengan gaya hidup mewah seseorang akan
terpengaruh untuk membeli barang yang bernilai tinggi, mewah, dan biasanya
mereka membeli bukan atas dasar kebutuhan tapi keinginan untuk menunjukan
kepada lingkungannya. Tetapi ketika berada pada kelas social menengah seseorang
akan membeli suatu barang sesuai dengan kebutuhanya dan bukan hanya untuk
memuaskan keinginan saja. Pada kelas social ini seseorang dapat juga membeli
barang mewah dan bernilai tinggi tetapi biasanya bukan untuk menunjukan kepada
lingkungan sosialnya melainkan memang karena kebutuhannya. Dan pada kelas
social bawah biasanya seseorang akan membeli suatu barang karena mereka benar
benar membutuhkan barang tersebut, tidak peduli nilai barang tersebut biarpun
memilih barang dengan nilai murah asalkan kebutuhannya dapat terpenuhi karena
keterbatasan keuangan.
Kelas atas Kelas bawah
Kebiasaan belanja
- as a plesure
- mengunjungi toko yang memiliki image”high-fashion”
- Lebih banyak mencari informasi dari media masa
- Harga buku indikator kualitas 1.
- Menyenangi barang masal dan diskon.
- Memiliki informasi produk yang minim, bertindak berdasar display di toko dan info wiraniaga, suka membeli produk”on sale”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar