Minggu, 19 Oktober 2014

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFIS

Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berprilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berprilakulebih seragam. Atau proses mengelompokkan bagian-bagian pasar yang sekarang berprilaku sama dari keseluruhan prilaku pasar yang beragam. Secara umum, tujuan segmentasi pasar adalah untuk memperoleh bagian yang mempunyai karakter dan perilakuyang lebih seragam.

DASAR SEGMENTASI PASAR
Dalam menyusun strategi segmentasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih dasar yang paling tepat untuk membagi pasar. Beberapa kategori utama karakteristik konsumen yang menjadi dasar untuk melakukan segmentasi adalah:

1.       Geografis
Pasar dapat dibedakan menurut batas-batas wilayah atau daerah(wilayah, pemukiman, perkotaan, dll).  Bahwa orang yang tinggal di daerah yang sama memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa, dan bahwa kebutuhan dan keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan orang-orang yang tinggal di daerah-daerah lain.
2.       Demografis
Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan misalnya usia. Perilaku pasar anak-anak akan berbeda dengan pasar dewasa(usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan,dll). Demografis dapat mempermudah mencari dan menganalisis target pasar, sehingga lebih mempermudah dalam menemukan kebutuhan masing masing kelompok konsumen dan dapat menganalisis peluang bisnis yang bisa diciptakan dari teranalisisnya kebutuhan konsumen tersebut.
3.       Psikografis
Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan misalnya sikap konsumen terhadap produk tertentu(sikap, motivasi, persepsi, dll). Bentuk riset konsumen terapan ini biasa disebut analisis gaya hidup. Dalam psikografis untuk mengetahui kebutuhan konsumen dapat dilihat dari gaya hidup, opini tiap konsumen, kepercayaan diri, motif pembeli, sikap, dll.
4.       Kebiasaan
Pasar dapat dibedakan menurut kebiasaan konsumen dalam membeli atau mengkonsumsi suatu barang, dapat diketahui seberapa minat konsumen terhadap suatu barang yang biasa di konsumsi.

Manfaat segmentasi pasar:
  •      Perusahaan dapat mengetahui segmen-segmen pasar sehingga dapat dengan tepat memenuhi kebutuhan konsumen dan program pemasaran dapat di arahkan dengan tepat dan sesuai target.
  •        Dapat memilih satu dari beberapa segmen pasar sehingga kapasitas pasar lebih sesuai dengan luas segmen yang terbentuk.



Segmentasi pasar dengan Analisis demografis
Seperti yang di tulis sebelumnya bahwa  ada beberapa karakteristik konsumen yang menjadi dasar segmentasi pasar, salah satunya adalah demografis. Dengan melakukan analisis demografis dalam melakukan segmentasi pasar tentu mempermudah perusahaan dalam menganalisa untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar. Hanya dengan mengelompokkannya sesuai dengan usia, jenis kelamin atau pendapatan, perusaan lebih mudah mengetahuinya karena segmen pasarnya sudah di kelompokkan. Misalnya di lihat dari pendapatan, konsumen yang mempunyai pendapatan tinggi  tentu saja kebutuhannya berbeda dengan konsumen yang berpendapatan rendah. Tentu saja perusaan harus dapat menganalisa masing-masing kebutuhannya sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Sumber :
-          Buku Dasar dasar pemasaran universitas gunadarma



Tidak ada komentar:

Posting Komentar