Segmentasi pasar
adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berprilaku heterogen menjadi
beberapa kelompok pasar yang sekarang berprilakulebih seragam. Atau proses
mengelompokkan bagian-bagian pasar yang sekarang berprilaku sama dari
keseluruhan prilaku pasar yang beragam. Secara umum, tujuan segmentasi pasar
adalah untuk memperoleh bagian yang mempunyai karakter dan perilakuyang lebih
seragam.
DASAR SEGMENTASI
PASAR
Dalam menyusun
strategi segmentasi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih dasar
yang paling tepat untuk membagi pasar. Beberapa kategori utama karakteristik
konsumen yang menjadi dasar untuk melakukan segmentasi adalah:
1.
Geografis
Pasar
dapat dibedakan menurut batas-batas wilayah atau daerah(wilayah, pemukiman,
perkotaan, dll). Bahwa orang yang
tinggal di daerah yang sama memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa, dan
bahwa kebutuhan dan keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan
orang-orang yang tinggal di daerah-daerah lain.
2.
Demografis
Pasar
dapat dibedakan menurut perbedaan misalnya usia. Perilaku pasar anak-anak akan
berbeda dengan pasar dewasa(usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan,
pekerjaan,dll). Demografis dapat mempermudah mencari dan menganalisis target
pasar, sehingga lebih mempermudah dalam menemukan kebutuhan masing masing
kelompok konsumen dan dapat menganalisis peluang bisnis yang bisa diciptakan
dari teranalisisnya kebutuhan konsumen tersebut.
3.
Psikografis
Pasar
dapat dibedakan menurut perbedaan misalnya sikap konsumen terhadap produk
tertentu(sikap, motivasi, persepsi, dll). Bentuk riset konsumen terapan ini
biasa disebut analisis gaya hidup. Dalam psikografis untuk mengetahui kebutuhan
konsumen dapat dilihat dari gaya hidup, opini tiap konsumen, kepercayaan diri,
motif pembeli, sikap, dll.
4.
Kebiasaan
Pasar
dapat dibedakan menurut kebiasaan konsumen dalam membeli atau mengkonsumsi
suatu barang, dapat diketahui seberapa minat konsumen terhadap suatu barang
yang biasa di konsumsi.
Manfaat segmentasi
pasar:
- Perusahaan dapat mengetahui segmen-segmen pasar sehingga dapat dengan tepat memenuhi kebutuhan konsumen dan program pemasaran dapat di arahkan dengan tepat dan sesuai target.
- Dapat memilih satu dari beberapa segmen pasar sehingga kapasitas pasar lebih sesuai dengan luas segmen yang terbentuk.
Segmentasi pasar dengan Analisis demografis
Seperti yang di tulis sebelumnya bahwa ada beberapa karakteristik konsumen yang
menjadi dasar segmentasi pasar, salah satunya adalah demografis. Dengan melakukan
analisis demografis dalam melakukan segmentasi pasar tentu mempermudah
perusahaan dalam menganalisa untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar. Hanya
dengan mengelompokkannya sesuai dengan usia, jenis kelamin atau pendapatan,
perusaan lebih mudah mengetahuinya karena segmen pasarnya sudah di kelompokkan.
Misalnya di lihat dari pendapatan, konsumen yang mempunyai pendapatan tinggi tentu saja kebutuhannya berbeda dengan
konsumen yang berpendapatan rendah. Tentu saja perusaan harus dapat menganalisa
masing-masing kebutuhannya sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.
Sumber :
-
Buku Dasar dasar pemasaran universitas gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar