konsumen pada
dasarnya pasrah pada kepentingan sendiri dan menerima secara pasif usaha-usaha
promosi dari para pemasar. Konsumen dianggap sebagai pembeli yang impulsive dan
irasional. Kelemahannya adalah pandangan ini tidak mempertimbangkan kenyataan
bahwa konsumen memainkan peranan penting dalam setiap pembelian yang dilakukan,
baik dalam mencari informasi tentang berbagai alternative produk, maupun dalam
menyeleksi produk yang dianggap akan memberikan kepuasan.
TIGA FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI PILIHAN KONSUMEN
1. Konsumen
Individu
Pilihan merek
dipengaruhi oleh kebutuhan konsumen, persepsi atas karakteristik merek, dan
sikap ke arah pilihan. Sebagai tambahan, pilihan merek dipengaruhi oleh demografi
konsumen, gaya hidup, dan karakteristik personalia.
2. Pengaruh
Lingkungan
Lingkungan
pembelian konsumen ditunjukkan oleh budaya (norma kemasyarakatan, pengaruh
kedaerahan atau kesukuan), kelas sosial (keluasan grup sosial ekonomi atas
harta milik konsumen), grup tata muka (teman, anggota keluarga, dan grup
referensi) dan faktor menentukan yang situasional (situasi dimana produk dibeli
seperti keluarga yang menggunakan mobil dan kalangan usaha).
3. Marketing
strategy
Merupakan
variabel dimana pemasar mengendalikan usahanya dalam memberitahu dan
mempengaruhi konsumen. Variabel-variabelnya adalah barang, harga, periklanan
dan distribusi yang mendorong konsumen dalam proses pengambilan keputusan.
Pemasar harus mengumpulkan informasi dari konsumen untuk evaluasi kesempatan
utama pemasaran dalam pengembangan pemasaran. Kebutuhan ini digambarkan dengan
garis panah dua arah antara strategi pemasaran dan keputusan konsumen.
penelitian pemasaran memberikan informasi kepada organisasi pemasaran mengenai
kebutuhan konsumen, persepsi tentang karakteristik merek, dan sikap terhadap
pilihan merek. Strategi pemasaran kemudian dikembangkan dan diarahkan kepada
konsumen.
EMPAT TIPE
PROSES PEMBELIAN KONSUMEN
1. Proses
Complex Decision Making
2. Proses Brand
Loyalty
3. Proses
Limited Decision Making
4. Proses
Inertia
sumber : http://riantopurba.blogspot.com/2012/10/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian.html
sumber : http://riantopurba.blogspot.com/2012/10/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar