Selasa, 04 Desember 2012

10 Sinyal Sepele Penyakit Kanker


Banyak pasien terlambat menyadari perkembangan kanker di tubuhnya. Enggan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin, mereka seringkali baru menyadarinya setelah memasuki stadium lanjut dengan gejala akut.

Banyak yang mengabaikan gejala awal kanker karena tanda-tanda yang muncul terkesan tak genting. Berpikir bahwa itu hanya gangguan kesehatan biasa. Karenanya, penting mengenali tanda-tandanya demi mempercepat diagnosis dini, seperti dikutip lamanhealth.yahoo.net.

1. Sakit atau nyeri perut
Rasa sakit atau nyeri yang tak tertahankan seringkali berkaitan dengan indikasi awal tumor hati. ketika Pemeriksaan dengan ultrasound bisa menegaskan diagnosis itu. Sementara perut kram atau sering sakit perut tak tertahankan juga menyimpan kemungkinan kanker kolorektal.

2. Payudara memerah, bengkak, atau nyeri
Semua wanita menyadari pentingnya memeriksa benjolan di payudara. Namun, seringkali tanda-tanda kanker payudara yang jelas justru terabaikan. Waspada jika Anda memiliki lesung atau selulit di area payudara karena ini seringkali menjadi indikasi kuat kanker payudara. Jangan remehkan pula jika payudara terasa nyeri, bengkak atau kemerahan. Segera periksakan ke dokter.

3. Perubahan puting payudara
Salah satu perubahan paling umum yang mengarah ke diagnosis kanker payudara adalah perubahan kondisi puting payudara. Terlihat rata, masuk ke dalam atau terbalik. Tanda-tanda lainnya: puting terasa gatal, bersisik, dan kulit menjadi kasar.

4. Luka atau pendarahan yang tak kunjung henti
Ini biasanya menandakan sesuatu yang tidak normal pada platelet dan sel darah merah. Mengarah pada gejala leukemia. Wanita yang menderita leukemia mengaku mengalami luka atau kulit kasar di area-area tubuhnya yaitu jari-jari, tangan dan kulit memerah di bagian wajah, leher dan dada. Penjelasannya adalah, dari waktu ke waktu, sel leukimia memenuhi sel darah merah dan platelet, merusak kemampuan darah untuk membawa oksigen, dan memicu pembekuan darah.

5. Rasa letih dan lelah
Ketika Anda merasa kelelahan setelah seharian duduk di meja kerja yang menimbulkan rasa lemas dapat menjadi tanda beberapa jenis kanker yang berbeda. Kapanpun Anda merasa sangat lelah tanpa alasan, segera periksakan ke dokter.

6. Penurunan berat badan drastis
Jika Anda menyadari bahwa berat badan Anda turun drastis tanpa alasan jelas, Anda perlu menyelidiki penyebabnya. Penurunan berat badan adalah tanda awal kanker usus besar dan jenis kanker lainnya yang berhubungan dengan pencernaan. Penurunan berat badan drastis juga dapat menjadi tanda kanker telah menyebar ke hati. Mempengaruhi nafsu makan serta kemampuan tubuh membuang sisa makanan dan racun yang terdapat di dalam tubuh Anda.

7. Pembengkakkan di area wajah
Beberapa pasien yang menderita kanker paru-paru dilaporkan mengalami pembengkakkan atau kemerahan pada wajah. Ini karena sel tumor paru-paru yang kecil umumnya menghalangi pembuluh darah di dada, yang menyebabkan darah tidak mengalir secara sempurna ke kepala dan wajah.

8. Kulit terlalu sensitif dengan luka awet
Banyak orang yang mengetahui bahwa luka atau beberapa kondisi perubahan kulit dapat menjadi tanda kanker kulit. Namun, tanda lainnya seperti luka kecil atau daerah kulit yang kering dan rasa gatal seringkali diremehkan. Kenali beberapa jenis kanker kulit seperti melanoma, basal cell carcinoma, dan squamous cell carcinoma dan pastikan Anda selalu rutin memeriksa perubahan kulit di seluruh tubuh Anda.

9. Perubahan kuku
Perubahan kuku dapat menjadi tanda-tanda beberapa jenis kanker. Warna kecoklatan atau kehitaman atau bintik-bintik di bawah kuku dapat mengindikasikan kanker kulit. Selain itu, pembesaran atau pelebaran ujung kuku menurut penelitian dapat menjadi indikasi kanker paru-paru. Kuku berwarna putih atau pucat dapat menandakan bahwa hati Anda tidak berfungsi dengan baik dan terkadang mengindikasikan kanker hati.

10. Nyeri punggung atau pinggul kanan
Ini bisa mengindikasikan tanda awal kanker hati atau ovarian. Pasien yang didiagnosis menderita kanker pankreas seringkali mengalami sakit punggung kronis yang harus diberikan obat penghilang rasa sakit. Kanker payudara juga seringkali didiagnosis melalui nyeri punggung yang terjadi karena tumor di payudara menekan kebelakang atau ketika kanker telah menyebar ke tulang belakang atau rusuk.
Sumber: http://life.viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar